Selasa, 17 Juni 2014

Pakaian Seksi? saya sih Yess!!

Malam minggu kemaren gue jalan ma nongkrong dijalan pahlawan semarang, tahu kan tempatnya nongkrong anak Ge-Ol semarang. Disana gue menikmatin disuguhin yang namanya jeroan (Jeroan kutang #eh) sepanjan jalan. Ini salah satu hal dilematis yang paling sering gue temuin. Keadaan dimana gue sebagai cowok normal dihadapkan dengan pemandangan yang menggoda iman, dosa, sama di cap cowok kurang ajar ma cewek yang gue liat.

Gini deh, gue cowok normal dan sama kek cowok normal lainnya ketika liat yang bening-bening begono ini mata jadi Autofocus tanpa diperintah (kalahkan tuh kamera professional ma autofokusnya cowok). Nah kebetulan kemaren otak gua agak bersihan dikit, jadi nontonnya Cuma bentar doank. Masalahnya yang make baju mini tuh gak Cuma satu dua, disepanjang jalan banyak banget yang make. Dan you know what? Dilemma baru muncul. Gue nengok kanan ada paha, nengok kiri betis, depan  CD ma belahan pantat nongol, gue merem takut nabrak. Akhirnya sepanjang jalan Cuma bisa bergumam Alhamdulillah sama kadang-kadang istighfar.

Sampe sekarang gue masih bingung, apasih Motivasi cewek berpakaian seksi gitu? Biar seksi? Bentuk badannya bagus? Pamer paha mulus? Betis putih? Yaelah banyak chocochip bekas knalpot motor juga segala pamer.


Ada kata MINI dalam kata FEMINIM, jadi biar di bilang FEMINIM pakelah pakean MINI. Salah satu mantan gue tuh FEMINIM banget (jangan dipermasalahkan mantan yang mana). Dia seneng banget pake baju ketat ma celana mini, gak Cuma dikostnya aja, bahkan di kostku yang notabene adalah kost cowok, kan gue kadang gak kuat iman juga. Gua mikirnya ini karena emang kebiasaan kostumnya pas kerja, apa emang dia berbakat jadi cabe-cabean.

Yang bikin lucu adalah Kalau gue cuek-cuek aja adem ayem dia ngambek, katanya gue gak ngehargai usahanya dia biar kliatan seksi. Nah kalau gue liatin agak lama dia risih, lah katanya dia dandan buat gue? MOTIVASI-nya apa coba?

Tapi apapun alasannya gue selalu salut ama dia, tapi ane salut ama dia dan cewek-cewek berpakaian mini-mini itu, mereka wanita yang tangguh. Malam-malam keluyuran pake pakean kek gitu dan mereka gak masuk angin. dan sampai saat ini gue belum pernah tuh liat cewek gue pake hotpans ma tanktop tapi ada bekas kerokannya. Kalau bekas cupang sih ada. LAH?

Terlepas dari semua itu gue sendiri gak percaya kalau pemerkosaan itu berdasarkan karena cewek berpakaian seksi. Okelah mungkin di beberapa kasus memang pemerkosa terpancing karena cewek korbanya berpakaian seksi. Tapi toh kenyataannya banyak kok kasus perkosaan yang korbanya berpakaian sopan dan tertutup. Terlebih lagi sangat jarang terjadi perkosaan di pantai yang notabene pake pakean seksi sampai bikini.

Beberapa waktu lalu salah satu kenalan cewek gue baru saja mendapatkan kejadian yang tidak menyenangkan. Dia sempat hampir dilecehkan oleh kenalanya. Digrepe-grepe gitu deh. Padahal dia sendiri berpakaian sopan. Kalau pandangan gue sih, emang pakean mini itu bisa ngundang nafsu begonoan, tapi kalau otaknya bersih juga gak sampai gitu juga. Tapi jangan dipungkiri kalau pakean bersih juga bikin pikiran bersih bikin pikiran jadi kotor. Jadi ya harusnya saling menjagalah. Sesuaikanlah cara berpakaian, lingkungan, dan waktunya. Nah disatu sisi cowok kalau otaknya udah ngeres. Mau make longskirt, mini dress, atau yang ketutup sekalipun ya dijawil juga.

Dari semua bacotan gue diatas gua pengen menyampaikan beberapa pesan. Pertama cewek pake pakean seksi itu bukan berarti minta buat diperkosa. Mana ada orang yang pengen diperkosa. Terlepas dari sudut pandang keagamaan, mereka pasti punya alasan tersendiri buat mengenakan pakean seperti itu. Mungkin profesinya mengharuskan memakai pakean yang menarik seperti itu, mungkin dia sedang ada  acara pesta yang dia merasa harus tampil berbeda sesuai dresscode, dan mungkin-mungkin yang lain. Tapi gue juga gak nyaranin, emang sih banyak kasus perkosaan yang korbannya pake pakean tertutup. Logikanya gini deh. Pake pakean tertutup aja rawan perkosaan apalagi pake pakean seksi yang sangat rawan menarik perhatian kaum adam. Pakelah pakean yang sopan. Bukan hanya untuk melindungi diri anda, tapi juga buat melindungi kami para kaum lelaki dari buasnya hawa nafsu kami sendiri.

Kurangi berasumsi negative terhadap orang lain. Cewek pulang malam bukan serta merta membuat kalian boleh menghakimi dia sebagai cewek yang gak bener. Toh kita gak pernah tahu apa yang benar-benar dia lakukan. Apa urusan dia. bahkan kalaupun dia bukan cewek baik. Bukan hak kalian untuk menghakimi. Itu adalah hak dia. pilihan dia. Tidak suka? Menyingkir. Menjauh.

Terakhir, kalau kalian, cewek mendapatkan perlakuan yang menjurus kearah pelecehan jangan diam aja. Kalian itu berharga. Itu harga diri kalian yang harus kalian jaga sampai titik darah penghabisan. Dalam sebuah studi menjelaskan bahwa, banyak perempuan korban pemerkosaan tanpa sadar mereka menjadi lumpuh selama pemerkosaan, dan ini disebut “tonic immobility“. Maka dari itu, kenapa sebabnya korban perkosaan itu terkesan diam dan nggak melawan. Jadi bukan karena dia rela diperkosa, tapi justru dia diam karena menginginkan predator itu pergi. Tapi sebelum itu terjadi berjuanglah untuk mempertahankan apa milik kalian. Kalian Berharga. Kalian Harus berjuang.

“Don’t tell me how to dress, tell them not to rape”. Sering banget gue denger entah dimedia TV, Koran, dan internet pemerkosa beralasan karena tergoda oleh si cewek. Perlu di-ingat bahwa laki-laki juga harus berusaha menahan hawa nafsunya. Kalau alasanya dirinya sendiri yang suka “mancing-mancing” cowok buat ngelakuin itu, itu sih sama saja artinya kalau elo punya banyak uang berarti orang lain punya hak untuk mencuri harta lo!

Bagaimanapun, perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual ataupun pemerkosaan tidak sepantasnya disalahkan. Dalam kasus apapun, yang namanya korban adalah pihak yang nggak bersalah dan dirugikan bukan? Seharusnya mereka adalah orang-orang yang kita lindungi, bukan malah kita tuduh yang enggak-enggak kan? Cewek juga wajib melindungi dirinya, minimal meminimalisir kejadian permekosaan tersebut. Mulailah dengan berpakain yang lebih sopan di tempat umum. Kalau di tempat pribadi atau kamar gue mau pake pakean seksi mah boleh aja, gue kagak ngelarang kok. :))

Regard
Grape_Strife/Clowreedt
My World, My Rules
Contact me : grape_strife@yahoo.co.id


Follow my blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar